cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia
ISSN : 08528322     EISSN : 26148293     DOI : -
Core Subject : Education,
Journal of Physical Education Arena is published by Department of Sports Science, Faculty of Sports Science State University of Malang (UM). The Indonesian Physical Education Arena is published twice a year in April and October containing articles of research and thought results in the field of Physical Education. First published in January 1990 with the name of "GELANGGANG" , renamed with the "JURNAL PENDIDIKAN JASMANI" in 2014, then renamed with "PENDIDIKAN JASMANI" in 2017 and last renamed with the "GELANGGANG PENDIDIKAN JASMANI INDONESIA" in 2018. Learning Domains in Physical Education includes learning plan, learning implementation and learning evaluation. Learning materials of Physical Education consits of 6 category namely: 1) Sports basic science, 2) Motor Activity, 3) Teaching methods and didactic, 4) Statictics and research method, 5) Management, and 6) Blended Learning.
Arjuna Subject : -
Articles 9 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2020): VOL 4. NO. 2 DESEMBER 2020" : 9 Documents clear
PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING MATERI SEPAK BOLA KELAS TINGGI SEKOLAH DASAR DI KABUPATEN PASURUAN Ramadhan, Syahrul Yanuar; Kurniawan, Ari Wibowo; Yudasmara, Dona Sandy; muarifin, Mu'arifin; Heynoek, Febrita Paulina; kurniawan, Rama Kurniawan
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 2 (2020): VOL 4. NO. 2 DESEMBER 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i2p31-40

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini adalah mengembangkan dan menguji kelayakan produk perangkat pembelajaran berbasis model pembelajaran Project Based Learning dalam pembelajaran pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi materi sepakbola di Sekolah Dasar Kabupaten Pasuruan. Dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Pengumpulan data menggunakan instrumen angket/kuesioner. Subjek uji coba kelompok kecil berjumlah 6 guru PJOK dan uji coba kelompok besar berjumlah 8 guru PJOK. Berdasarkan hasil  analisis data menunujukkan uji coba kelompok kecil dengan tingkat kelayakan 84%, uji coba kelompok besar dengan tingkat kelayakan 88%. Hasil dari penelitian dapat disimpulankan bahwa produk pengembangan perangkat pembelajaran layak digunakan. Abstract____________________________________________________________ The purpose of this development research is to develop and test the feasibility of learning products based on the Project Based Learning learning model in physical education, sports and health learning soccer motion material in Pasuruan Regency Elementary School. In this study using the method of Research and Development (R&D). Data collection using a questionnaire / questionnaire. Small group trial subjects were 6 PJOK teachers and large group trials were 8 PJOK teachers. Based on the results of data analysis, it shows a small group trial with a feasibility level of 84%, a large group trial with a feasibility level of 88%. The results of the study can be concluded that the product development of learning devices is feasible to use.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN JURUS TUNGGAL PENCAK SILAT BERBASIS ANDROID Triprayogo, Rian; Sutapa, Panggung; Festiawan, Rifqi; Anugrah, Sendy Mohamad; Iwandana, Dody Tri
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 2 (2020): VOL 4. NO. 2 DESEMBER 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i2p1-8

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran jurus tunggal berbasis android. Media pembelajaran yang dikembangkan untuk meningkatkan hasil belajar jurus tunggal pencak silat. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Pengujian lapangan awal dilakukan di SMP Budi Mulia Dua Sleman. Pengujian lapangan utama dilakukan di SMP Mataram dan MTs Ali Maksum Bantul. Tahap uji lapangan operasional di SMP Muhammadiyah 4 Kota Yogyakarta. Data diperoleh dengan cara observasi dan kuesioner menggunakan skala likert. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Data efektivitas diperoleh menggunakan paired T test. Hasil pengembangan media pembelajaran jurus tunggal pencak silat berbasis android adalah efektif untuk meningkatkan hasil belajar pencak silat baik dari pengetahuan teori dan praktik gerak jurus tunggal. Hasil penilaian ahli menunjukkan dalam kategori sangat baik. Hasil pada uji lapangan operasional menunjukkan signifikansi < 0.5. Berdasar hasil tersebut media pembelajaran jurus tunggal pencak silat berbasis android dianggap efektif untuk meningkatkan hasil belajar jurus tunggal pencak silat. Kata kunci: pembelajaran, jurus tunggal, android, pencak silat
Hubungan Antara Kekuatan Otot Tungkai, Kelentukan dan Koordinasi Mata-Kaki terhadap Teknik Guntingan Atlet Pencak Silat Pondok Pesantren Mahasiswa Al-Kautsar habibillah, addien nur
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 2 (2020): VOL 4. NO. 2 DESEMBER 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i2p41-50

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kecenderungan keterkaitan antara kekuatan otot tungkai, kelentukan dan koordinasi terhadap teknik guntingan atlet pencak silat pondok pesantren mahasiswa al-kautsar. Metode Penelitian ini adalah deskriptif kuantitaf dengan analisis data korelasional, subjek penelitian ini yaitu atlet pencak silat pondok pesantren mahasiswa Al-Kautsar yang berjumlah 30 atlet. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menunjukkan bahwa; 1) terdapat hubungan antara kekuatan otot tungkai dengan keterampilan teknik guntingan dengan rhitung (0,546) > rtabel (0,361), 2) terdapat hubungan antara kelentukan dengan teknik guntingan dengan rhitung (0,419) > rtabel (0,361), 3) terdapat hubungan antara koordinasi dengan keterampilan teknik guntingan diperoleh rhitung (0,368) > rtabel (0,361) dan 4) terdapat hubungan yang signifikan antara antara kekuatan otot tungkai, kelentukan dan koordinasi mata-kaki secara bersama-sama terhadap teknik guntingan dengan Ry.x1x2x3 (0,622) > rtabel (0,361). Kesimpulan dari penelitian ini adalah sebagai berikut” 1) Kekuatan otot tungkai memiliki hubungan yang signifikan dengan teknik guntingan, 2) kelentukan memiliki hubungan yang signifikan dengan teknik guntingan, 3) koordinasi mata-kaki memiliki hubungan yang signifikan dengan teknik guntingan, dan 4) kekuatan otot tungkai, kelentukan, dan koordinasi mata kaki secara bersama-sama memiliki hubungan yang signifikan dengan teknik guntingan.
MOTIVASI SISWA PEREMPUAN DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMPN) SE-KOTA MALANG Heynoek, Febrita Paulina; Kurniawan, Rama; Bakti, Fajar Raya Ferdinal Kusuma
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 2 (2020): VOL 4. NO. 2 DESEMBER 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i2p9-15

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi perempuan SMPN di Kota Malang dalam mengikuti pembelajaran PJOK di sekolah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik survey. Sampel penelitian ini berjumlah 559 siswa Kelas VII,VIII dan IX menggunakan Cluster Random Sampling yang terbagi beberapa wilayah di Kota Malang. Instrumen tes yang digunakan yaitu kuesioner. Uji hipotesis untuk Uji Man Whitney dari empat kategori motivasi tersebut lebih kecil dari 0,05 (p value < 0,05), maka Ho ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada kategori motivasi Intrinsic motivation, Identified regulation, Introjected regulation, External regulation antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Sedangkan  hasil Uji t’ (aksen) dari kategori Amotivation tersebut lebih kecil dari 0,05 (p value < 0,05), maka Ho ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan Amotivation antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan. Dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari motivasi siswa antara siswa laki-laki dan perempuan dalam mengikuti pembelajaran PJOK.
GAMBARAN AKTIVITAS FISIK DAN INDEKS MASSA TUBUH CALON GURU SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19 Prakoso, Bayu Budi; Muzakki, Abdurrohman; Fantiro, Frendy Aru
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 2 (2020): VOL 4. NO. 2 DESEMBER 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i2p51-58

Abstract

Tidak sedikit para guru sekolah dasar (SD) diberikan tugas untuk memberikan pengetahuan dan kecakapan memelihara aktivitas fisik dan bentuk tubuh siswa agar tetap fit, terutama dikala sekolah tidak memiliki guru pendidikan jasmani. Sebagai role model, sewajarnya apabila seorang guru SD dituntut memiliki tubuh yang fit secara kualitas dan bentuk, tidak terkecuali para calon guru SD. Masalah muncul ketika pandemi covid-19 membatasi aktivitas fisik yang diyakini berkorelasi dengan berubahnya bentuk tubuh yang unfit. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kualitas aktivitas fisik dan indeks massa tubuh (IMT) calon guru SD selama pandemi covid-19. Merupakan jenis cross-sectional study memanfaatkan IPAQ-SF yang disebarkan melalui google form kepada seluruh mahasiswa PGSD UMM. Setelah melalui screening, sebanyak 334 orang (51 laki-laki dan 283 perempuan) layak dianalisis menggunakan deskriptif statistik dan chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik mahasiswa masuk dalam kategori keaktifan tinggi (M= 2.374, SD= 1.544) dan IMT masuk dalam kategori normal (M= 21,8, SD= 4,1). Tidak ada hubungan antara aktivitas fisik dan IMT [X2 (6,N= 334)= 1,898, p= 0,929, r= 0,032, p= 0,557]. Artinya, variabel aktivitas fisik tidak cukup menjadi penyebab dari bentuk tubuh mahasiswa. Perlu penelitian yang lebih mendalam untuk mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi IMT.
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN GERAK DASAR BOLA VOLI UNTUK SISWA SDN 16 SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA Supriatna, Eka
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 2 (2020): VOL 4. NO. 2 DESEMBER 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i2p16-24

Abstract

Tujuan dari peneltian ini untuk menemukan model-model pembelajaran bolavoli dalam bentuk modul yang sesuai dengan karakteristik siswa sekolah tingkat dasar (SD). Bentuk Desain Penelitian yang digunakan adalah pendekatan pengembangan Research And  Development (R&D) yang dikemukakan oleh Borg dan Gall. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner observasi penilaian dari ahli materi bolavoli, kuesioner observasi penilaian ahli media dan kuesioner keefektifkan siswa. Hasil penelitian pengembangan ini adalah sebuah modul pembelajaran gerak dasar bolavoli untuk siswa SDN 16 Sungai Raya Kabupaten KubuRaya. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi bolavoli sebesar 84,37% dan ahli media sebesar 88,33% serta nilai uji keefektifan pada kelompok sebesar 87,34 %. Kesimpulan produk sangat baik, sehingga layak digunakan untuk pembelajaran pendidikan jasmani pada siswa  sekolah tingkat dasar di SDN 16 Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.
ANALISIS KEBUTUHAN MASYARAKAT MELAKUKAN AKTIVITAS BERSEPEDA PADA KEGIATAN CAR FREE DAY DI KOTA MALANG Darmawan, Rizky
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 2 (2020): VOL 4. NO. 2 DESEMBER 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i2p59-64

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat kebutuhan masyarakat yang melakukan aktivitas bersepeda pada kegiatan car free day di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitif dan metode survei. Berdasarkan hasil analisis yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa aktivitas bersepeda terjadi karena kebutuhan fisiologis memiliki rata-rata 69,6% termasuk dalam kategori tinggi, karena kebutuhan rasa aman memiliki rata-rata 63,97% termasuk dalam kategori tinggi, karena kebutuhan rasa memliki dan kasih sayang memiliki rata-rata 66,5% termasuk dalam ketgori tinggi, karena kebutuhan penghargaan memiliki rata-rata 48,97% termasuk dalam kategori sedang, sedangkan karena kebutuhan aktualiasai diri memiliki rata-rata 75,4% termasuk dalam kategori tinggi.
ONLINE ASSESSMENT OF COGNITIVE ASPECTS IN HIGHER EDUCATION Fitriady, Gema; Sugiyanto, Sugiyanto; Sugiarto, Tatok
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 2 (2020): VOL 4. NO. 2 DESEMBER 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i2p25-30

Abstract

The use of online  assessment s has been widely used in various fields including universities. Research to find the validity of online  assessment s has been conducted and the results are high but the opinions of people who are assessed on the application of online  assessment s have not been carried out. The purpose of this study was to determine the opinion of the person being assessed after conducting an online  assessment . 150 students were selected to be respondents consisting of 126 male and 24 female who were taken by the sampling technique, namely the total sampling. The application of online  assessment s in universities is very suitable. There are several advantages to implementing online  assessment s, including 1) it is preferred by students so that students will be motivated to conduct assessment s; 2) high accessibility and flexibility; 3) rapid feedback. Therefore, the use of online  assessment s in higher education can be done without reducing the quality of the assessment .
PENGARUH LATIHAN CALF RAISE DAN ROPE JUMP TERHADAP PENINGKATAN DAYA LEDAK OTOT TUNGKAI PADA ATLET UKM BOLA VOLLY UMM PROYEKSI POMNAS Muzakki, Abdurrohman
Gelanggang Pendidikan Jasmani Indonesia Vol 4, No 2 (2020): VOL 4. NO. 2 DESEMBER 2020
Publisher : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.17977/um040v4i2p65-71

Abstract

Dalam”permainan”bolaboly”power otot”tungkai sangat”penting bagi”setiap pemain”yang biasanya”digunakan untuk”vertical jump. Tujuan dari”penelitian ini”adalah untuk mengetahui”pengaruh latihan”plyometric calf raise”dan”rope jump. ”Desain penelitian yang”digunakan adalah ”two groupspre-test-post-test design”. Objek penelitian ini adalah Seluruh atlet dari UKM Bola Volly UMM yang diproyeksikan”akan bias untuk mencapai sampai lolos seleksi”POMNAS”sebanyak”30”mahasiswa. Instrument penelitian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen penelitian”yaitu test Vertical”Jump. ”Pengujian hipotesis menggunakan”uji-t dengan menggunakan”bantuan program”SPSS 16, yaitu dengan”membandingkan mean”antara”pretest dan”post test. Hasil”hipotesis yang”dilakukan”Ha dapat diterima, terjadi”peningkatan secara nyata”dari kedua kelompok eksperimen”yang telah dilatih dirumah”masing-masing terhadap daya”ledak otot tungkai pada”atlet voli UKM UMM, ”terjadi peningkatan secara”nyata pada peningkatan”daya ledak otot tungkai”thitung =”2,74 > 1,551. ”Sehingga dapat disimpulkan”bahwa latihan”calf raise dan latihan rope jump”dari masing-masing kelompok”memberikan sebuah pengaruh yang”signifikan terhadap”peningkatan daya ledak otot”tungkai.

Page 1 of 1 | Total Record : 9